Jakarta- PENERUSTRANSFORMASI.COM. HUT dan Evaluasi  Rapat BKNDI di gelar di Jakarta 29/1/2022  ,peserta hadir salah satunya adalah Kades termuda di Kepulauan Riau Lisya Kumala dari Kabupaten Meranti .

Lisya mengatakan ” Saya baru terpilih di Pilkade Serentak dari 29 desa yang ada di Meranti ,dengan gelar Kades termuda di usia 29 thn “ujarnya.”

” Adapun Visi saya setelah di lantik ini adalah ingin menjadikan desa yang maju,unggul,dinamis,dan amanah , program yang sedang di rencanakan adalah meningkatkan SDM terlebih dahulu baru ke perekonomian masyarakat ,dengan membentuk kelompok tani , jelasnya lagi .

Dia menambahkan ”  Desa saya ada 3 dusun yang akan di bagi menjadi dusun 1 untuk perikanan ,dusun 2 untuk pertanian dusun 3 untuk peternakan ,tujuannya agar bisa menjadi desa yang mempunyai ciri khas bagi para pengunjung ,kemana tujuan nya ke desa kita , ungkapnya.

Untuk langkah membentuk desa perikanan adalah bantuan pong pong nelayan, setahun biasanya 10/ 7 ,tapi tahun ini kita programkan untuk pong pong nelayan itu 5.

Kalau di dusun 2 atau pertanian itu nanti ada DDS yaitu program dari Kementrian  Pertanian 20 % untuk ketahanan pangan,sehingga program dari desa itu dapat terwujud dalam menciptakan kelompok Pertanian yang modern .

Untuk Peternakan baru di rencanakan membuat tambak udang ,kerena di desa ini lebih dekat ke luar negri yaitu ke Malaysia dan Singapura jadi kita bisa meng eksport udang tersebut kesana,dengan harga yang memang sudah mahal sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat .

Langkah untuk mencapai semua tujuan itu sekarang masih dalam penyusunan tingkat RT / RW untuk mendata penduduk masing masing sesuai kebutuhannya sehingga kita tau kekurangan dan kelebihan di desa masing masing .

 

( Maria ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here